Sabtu, 11 Oktober 2008

Perkembangan blog atau weblog sebagai media untuk mengekspresikan pikiran, pendapat dan kreatifitas semakin pesat. Dari anak-anak hingga orang tua dengan berbagai profesipun mulai membuat blog untuk menuangkan "kegelisahan" mereka. Kegelisahan ini bisa berbentuk kegelisahan terhadap kehidupan pribadi maupun kegelisahan dalam lingkup sosial. Permasalahannya adalah benarkah blog-blog yang menceritakan

kehidupan pribadi atau keluarga adalah blog yang tidak bermutu dan tidak berarti? Sedangkan blog-blog "serius" yang bertema politik, sosial, teknologi informasi dan budaya adalah blog yang bermutu? Benarkah Orang-orang Indonesia masih memandang rendah mutu weblog karena sebagian besar isinya adalah cerita-cerita yang bersifat pribadi? Haruskah para weblogger Indonesia mengubah gaya tulis dan isi weblog mereka dengan sesuatu yang bermutu sehingga orang-orang tak begitu sinis lagi dengan weblog?

Weblog, secara gampang dapat diartikan bentuk ekspresi seseorang atau kelompok dalam bentuk kata-kata, gambar, suara yang dapat diakses melalui web. Maka siapapun berhak berekspresi lewat weblog selama mereka mempunyai akses internet dan tentu saja punya kemauan untuk membuat weblog termasuk weblog yang bersifat pribadi.

Weblog adalah media yang sangat penting untuk mengekspresikan diri baik itu untuk melepas stress karena kehidupan sehari-hari, mencatat sejarah keluarga maupun untuk aktualisasi diri. Haruskah orang-orang yang ngeblog untuk kepentingan pribadi atau keluarga ini dipandang sebelah mata karena sifat blog mereka yang tidak "universal"?

Seorang yang masih sangat awam dalam dunia internet sangat merasa takjub melihat blog-blog yang ada di dunia maya dan berniat membuat blog untuk keluarganya. Saya melihat hal ini sebagai nilai plus karena bertambah lagi orang di dunia ini yang mulai ngeblog, sesederhana apapun design maupun isinya. Ngeblog berarti mendidik diri sendiri untuk belajar menulis dengan tema apapun. Ngeblog berti mendidik diri sendiri untuk mengeskpresikan ide dalam bentuk pikiran. Ngeblog berarti menambah rasa percaya diri karena kebanggaan akan karya2 yang bisa dipajang di internet. ngeblog berarti membangun network karena akan berhubungan dengan para pembaca dan blogers lainnya. Ngeblog berarti arsip-arsip pemikiran maupun kegiatan bisa tersimpan dan banyak "berarti-berarti" lainya yang bersifat pribadi dan subjektif yang tak mungkin diungkap satu-satu disini.

bagaimana dengan mutu blog itu sendiri? Tak perlu risau. karena masing-masing blog punya pembaca sendiri asalkan blogger tersebut rajin memperkenalkan blognya baik dengan cara "blogwalking" maupun dengan cara memperkenalkan dalam forum2 tertentu.

Sebuah blog yang berisi tentang catatan harian anaknya mungkin akan dianggap tak bermutu oleh orang-orang yang menyukai tulisan-tulisan "serius" dan "berat" tetapi ketika ada orang yang ingin tahu cara-cara merawat tali pusar bayi yang baru lahir, blog tentang anak yang kebetulan membahas tali pusar bayi, akan menjadi sangat membantu. Begitu juga catatan harian keluarga tentang kehidupan disebuah negara tertentu bisa jadi dianggap tak bermutu tetapi ketika ada orang yang harus berkunjung ke negara tersebut, blog itu menjadi sangat berarti. Begitu juga blog catatan keluarga akan menjadi sangat berarti bagi seorang anak ketika dia dewasa karena dia bisa melihat sejarah hidupnya.

Jadi jangan takut dianggap tak bermutu kalau mempunyai sebuah blog yang berisi catatan pribadi atau keluarga karena sekali lagi, masing-masing blog mempunyai penggemar sendiri-sendiri.

Bagaimana dengan blog-blog yang tak mematuhi kaidah-kaidah teknis perblog an seperti RSS atau kevalidan CSS dan pernak-pernik lain karena ketidak tahuan? Menurut saya sah-sah saja karena ngeblog adalah sebuah proses. Seorang blogger tak bisa langsung menjadi seorang blogger yang sempurna baik design maupun isi postingannya. Seorang blogger akan belajar setahap demi setahap untuk memperbaiki blognya baik bentuk tulisan dan tema postingan maupun kaidah-kaidah teknis dalam dunia blog dengan cara bertanya ataupun dengan mendapat feed back dari para pembacanya. karena feedback dalam bentuk comment maupun shoutbox sebenarnya adalah interaksi kontruktif dalam proses pembelajaran menjadi seorang blogger yang baik.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk mulai ngeblog karena Blog tentang catatan pribadi/keluarga ataupun "serius" dan ilmiah tetaplah berguna terutama untuk aktualisasi diri.

)|(

0 komentar: